“Sajisaka”, Gerakan Sedekah Buku Oleh Dinpus Gunung Kidul


Gunungkidul- Layanan Perpustakaan dan Arsip (Dinpus) Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggalang donasi buku melalui program sedekah buku. Program bertajuk Sajisaka atau Satu Jiwa Satu Pustaka ini dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan buku di ruang publik yang dikelola masyarakat.

Agus Hartadi, sebagai Pj Layanan Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Gunungkidul Agus Hartadi mengatakan program Sajisaka merupakan salah satu upaya mendukung gerakan sedekah buku dan mengupayakan pemenuhan buku di ruang publik, khususnya yang dikelola masyarakat.

“Sajisaka merupakan salah satu upaya menumbuhkan minat dan kecintaan membaca di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda,” ujarnya, Kamis (18/8/2022).

Lebih lanjut dikatakannya, pengumpulan donasi buku ini akan menyasar berbagai lini, mulai dari pemerintah, instansi pemerintah, pihak swasta, penggiat literasi, forum komunitas, hingga perorangan. Program Sajisaka juga dimobilisasi secara besar-besaran tidak hanya di kota-kota tetapi juga di daerah pedesaan yang terpencil. “Kami lebih memilih jemput bola, demi menyukseskan program ini,” imbuhnya.

Ia juga menjelaskan jika ada masyarakat yang ingin mengikuti program ini, caranya sangat mudah, mereka hanya perlu menyiapkan buku yang masih layak baca dan memasukkannya ke dalam kotak yang telah disiapkan.

Hingga Selasa, 16 Agustus 2022, buku tersebut telah terkumpul 643 eksemplar. Jumlah ini jauh lebih banyak dari target yang telah ditetapkan yaitu 500 eksemplar.

Program sedekah buku Sajisaka juga mendapat dukungan dari berbagai pihak, terutama para penggiat literasi. Ibu Literasi Kabupaten Gunungkidul, Diah Purwanti Sunaryanta, salah satu penggiat literasi mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut mensukseskan gerakan sedekah buku. Diharapkan donasi buku terus mengalir dan jumlah buku yang diperoleh semakin bertambah. Jika semakin banyak buku yang didapat, otomatis penerima program Sajisaka akan semakin banyak.

“Nantinya, kotak-kotak ini akan ditempatkan di tempat-tempat strategis yang mudah dijangkau masyarakat,” ujarnya. (ST/JBR)



Source link

We will be happy to hear your thoughts

      Leave a reply

      KOTABOOK - Jasa Cetak Buku Murah
      Logo
      Shopping cart