Selamat Hari Kunjung Perpustakaan – Jakarta Book Review


Jakarta – 14 September diperingati setiap tahun sebagai Hari Kunjungan Perpustakaan. Peringatan ini pertama kali ditetapkan pada 14 September 1995 pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Library Visit Day bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia yang masih tergolong rendah.

Kekhawatiran Presiden Soekarno terhadap rendahnya minat baca masyarakat Indonesia kini dibuktikan dengan hasil survei “Negara Terbanyak Di Dunia” yang dilakukan oleh Universitas Negeri Connecticut Pusat Pada Maret 2016, Indonesia dinyatakan menempati peringkat ke-60 dari 61 negara terkait minat baca.

Sementara itu, berdasarkan data yang dirilis oleh Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) pada 2019, tingkat melek huruf Indonesia berada di peringkat 62 dari 70 negara. Rendahnya minat baca ini tentunya berdampak pada kualitas sumber daya manusia masyarakat Indonesia.

Di tengah terbukanya akses informasi yang luas, tentunya rendahnya minat baca di Indonesia merupakan suatu hal yang ironis. Apalagi minat baca masyarakat Indonesia masih kalah dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Salah satu penyebab rendahnya minat baca yaitu belum meratanya persebaran fasilitas perpustakaan di daerah. Kemajuan teknologi internet tidak dijadikan sebagai sarana untuk mempermudah dalam mengakses sumber bacaan. Orang lebih cenderung tenggelam dalam dunia media sosial daripada mencari sumber bacaan.

Dalam pengertian tradisional, perpustakaan adalah kumpulan buku dan majalah. Meskipun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi individu, perpustakaan lebih umum dikenal sebagai koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau lembaga, dan digunakan oleh orang-orang yang rata-rata tidak mampu membeli banyak buku dengan biaya sendiri. .

Oleh karena itu, wajar jika masyarakat memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber ilmu pengetahuan. Selain kondisi pasca pandemi Covid-19, peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pemanfaatan perpustakaan sangat pas untuk mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat. Untuk itu gemar membaca merupakan langkah awal yang tepat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Selamat Hari Perpustakaan



Source link

We will be happy to hear your thoughts

      Leave a reply

      KOTABOOK - Jasa Cetak Buku Murah
      Logo
      Shopping cart